Belajar Sambil Bermain dengan Quiver

Oleh :

Merta Serlena, S.Pd.

Guru PG-TK Islam Al-Azhar Cairo Palembang

Proses belajar anak usia dini tidak sama dengan orang dewasa karena keterbatasan cara berfikir dan perkembangan mental anak. Usia dini yaitu 0-6 tahun  merupakan masa emas bagi perkembangan anak. Untuk itu dibutuhkan cara yang tepat agar dapat mengoptimalkannya. Salah satu cara yang tepat adalah belajar sambil bermain.

Anak usia dini cenderung bermain sambil belajar karena dengan bermain anak belajar berbagai pengetahuan, keterampilan, dan berbagai persoalan lainnya. Oleh karena itu, pembinaan dan perangsangan tumbuh kembang anak sebaiknya dilakukan dengan kegiatan bermain agar kemampuan motoriknya berkembang optimal.

Anak pada usia dini tidak selalu harus menerima permainan yang berbentuk fisik, seperti mobil-mobilan, atau boneka-bonekaan yang lebih banyak menggunakan aktivitas fisik motorik kasar anak. Mainan berbentuk buku juga merupakan salah satu bentuk permainan yang dapat mengedukasi dan bisa dimanfaatkan untuk melatih kemampuan motorik halus, serta kecerdasan kognitif anak. Seperti halnya kegiatan mewarnai gambar, kita bisa mengisi keseharian anak dengan mewarnai, banyak sekali manfaat mewarnai diantaranya: pengenalan warna, indera penglihatan, melatih motorik halus dan memecahkan masalah.

Salah satu pembelajaran yang dikenalkan dan diajarkan kepada anak didik di PG-TK Islam Al-Azhar Cairo Palembang adalah belajar sambil bermain dengan Quiver. Generasi saat ini merupakan generasi dengan tingkat peradaban yang sangat tinggi dimana anak-anak sejak lahir sudah dikenalkan dengan teknologi. Perangkat mobile khususnya smartphone menjadi perangkat yang paling banyak digunakan oleh anak- anak karena sifatnya yang mobile. Yang membedakan dengan sekolah lain salah satu keunggulan PG-TK Islam Al-Azhar Cairo Palembang, yaitu adanya iPad Class.

Jelas terlihat anak-anak saat mewarnai dengan aplikasi Quiver Vision menggunakan iPad sangat antusias dan menyenangkan karena gambarnya nampak nyata seperti hidup. Sesuai dengan Visi PG-TK Islam Al-Azhar Cairo Palembang yaitu PG dan TK yang unggul di Indonesia, menyenangkan untuk bermain dan belajar, juga menjadi calon pemimpin umat dan bangsa.

Realitas tertambah atau kadang dikenal dengan istilah AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekadar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Pembelajaran pada jenjang anak usia dini saat ini sangatlah berbeda dengan pendidikan anak- anak terdahulu. Guru yang notabene pendamping aktivitas belajar anak-anak di sekolah harus mampu mengikuti dan menyesuaikan perubahan generasi anak didiknya. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan ini mengadopsi aplikasi Quiver for Coloring untuk memberikan pembekalan dan sosialisasi kepada guru PG-TK Islam Al-Azhar Cairo Palembang tentang peran teknologi sebagai media alternatif bermain dan belajar yang ramah untuk anak usia dini.

Guru PG-TK Islam Al-Azhar Cairo Palembang selalu bersemangat dalam dakwah, berinovasi dan menciptakan kreativitas dalam meningkatkan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak didiknya. “Pembelajaran akan penuh makna, para murid akan selalu mengenang guru sebagai pribadi yang luar biasa dan pahala yang besar telah menantinya di akhirat nanti. Teruslah berdakwah di ladang ibadah lewat dunia Pendidikan.” Nukilan Pembina Yayasan, Bpk. Indra J Bunayu yang terus menularkan energi semangat.

Views All Time
Views All Time
75
Views Today
Views Today
1

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us