Cipta Gerak dan Lagu Pembelajaran

Oleh Amanah Fitriah, S.Pd.

 

Menjadi guru PG/TK adalah hal yang menyenangkan sekaligus menantang. Tak sekadar bertepuk dan bernyanyi saja, namun harus selalu berinovasi dalam menyajikan materi pembelajaran agar selalu menarik. Karena Pembelajaran yang menarik dan menyenangkanlah yang diharapkan oleh anak didik kita.

Guru PG-TK Islam Al-Azhar Cairo Palembang selalu berinovasi untuk mengemas materi pembelajaran agar selalu bisa menarik minat dan perhatian anak. Salah satunya berkreasi membuat lirik lagu. Adapun di antaranya lagu untuk mengenalkan kosa kata dalam bahasa arab, anggota tubuh, anggota keluarga, alat-alat tulis, serta lagu Saya Anak Mandiri untuk mengajarkan pembiasaan baik.

Tidak hanya satu lagu yang diciptakan. Masa orientasi murid, anak-anak dikenalkan lagu Hari pertama sekolah, lagu untuk mengenang hari lahir, lagu Barakallah fii umrik,  serta beberapa lagu sesuai tema pembelajaran. Lagu-lagu ini mengandung unsur pendidikan yang bisa diikuti anak dengan suasana yang gembira, dan mengandung  pengajaran yang baik.

Dari lagu-lagu tersebut guru-guru berkreasi. Lagu dicipta dilengkapi dengan gerak agar inti lagu bisa tersampaikan ke anak. Karena Anak usia dini sangat gemar bergerak sambil bernyanyi.

Adapun manfaat dari gerak dan lagu untuk anak diantaranya meningkatkan kemampuan berbahasa, kemampuan motorik, menambah keterampilan bersosialisasi, melatih dan medorong kreativitas, dan meningkatkan memori, atensi, serta konsentrasi.

Banyak studi sudah membuktikan kaitan antara musik dan perkembangan otak pada anak-anak. Salah satunya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brain and Creativity Institute dari University of Southern California, AS, menemukan fakta bahwa mendengarkan musik sejak masa kanak-kanak akan membuat perkembangan otak terutama di bidang bahasa jauh lebih cepat.

Views All Time
Views All Time
57
Views Today
Views Today
1

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us