Display Class

Oleh :

Merta Serlena,S.Pd

Guru PG-TK Islam Al-Azhar Cairo Palembang

 

Belajar di sekolah bukan cuma sekadar menambah ilmu pengetahuan tapi sebaiknya juga mengembangkan kreativitas. Display Class tidak hanya berlaku pada tingkatan TK atau SD saja. Tetapi di tingkat SMP dan SMA juga memakai Display Class. Apakah kamu pernah merasakan duduk di bangku kelas nol alias taman kanak-kanak alias TK? Atau, paling nggak, apakah kamu tahu situasi di dalam kelas di TK? Full of colors! Ruang kelas di TK memang biasanya didekorasi sedemikian rupa agar anak-anak kecil betah berlama-lama di dalamnya dan nggak home sick. Biasanya, dekorasinya juga dipenuhi warna-warna cerah, karena warna-warna tersebut merupakan kelompok warna yang dapat mendorong semangat, menambah rasa ingin tahu, serta membuat anak lebih atraktif, kreatif, dan cerdas.

Bagaimana kondisi ruang kelas PG-TK Islam Al-Azhar Cairo Palembang ? Tentu saja menarik dan penuh warna, ya. Karena yang membedakan dengan sekolah lain PG-TK Islam Al-Azhar Cairo Palembang mempunyai ciri khas atau keunggulannya dengan mengangkat nama Ilmuwan-ilmuwan Islam dan Ksatria Islam untuk nama-nama kelasnya. Tujuannya untuk mengajak  murid mengenal tentang sejarah Islam lebih dekat dengan mengenal para ulama sekaligus penemu teknologi berbagai bidang. Display Class di PG-TK Islam Al-Azhar Cairo Palembang menggunakan bahan-bahan dan alat yang berkualitas serta melewati proses pembuatan yang teliti. Bahan-bahannya menggunakan sponati, kain flannel, kain puring, plastik laminating dan lain-lain. Proses pembuatannya dimulai dari pembuatan atau mencetak  pola gambar yang akan dib uat, mengeprint gambar, huruf atau angka, menggunting sampai menempel hasil displaynya di ruangan kelas. Display yang dibuat akan tahan lama dan pastinya sangat bagus serta menarik.

Siapa yang tidak  kenal dengan computer, kamera, pesawat terbang, mobil hingga robot-robot super canggih. Kalo dipikir-pikir semua teknologi itu tidak muncul dengan sendirinya. Pasti ada yang mengawalinya atau dengan kata lain ada yang menemukannya. Ada beberapa nama ilmuwan yang dipakai untuk nama kelas di PG-TK Islam Al-Azhar Cairo Palembang seperti Al Haytsam (Ilmuwan berhati mulia penemu kamera di Basra 965-Kairo 1039), Al Jahiz (Pakar Zoologi 776-868 di Basra Iraq), Al Jazari (Insinyur Mekanik “Bapak Robotika” Muslim 1136-1206 di Anatolia Turki, Al Amiri ( Pakar mekanika -991 di Andalusia, Al Battani (Astronom Islam pembuat teropong bintang 850-929 di Samarra Iraq. Dan banyak lagi ilmuwan-ilmuwan dan para ksatria lainnya.

Salah satunya Al Haytsam yaitu Ilmuwan berhati mulia penemu kamera. Ada kisah menarik dari ditemukannya beberapa penemuan ibnu Haytsam pada bidang optic dan juga lahirnya gagasan tentang kamera obsecura. Satu ungkapan Ibnu Haytsam untuk memotivasinya agar terus belajar dan menulis. “Selama masih hidup, saya akan berusaha sungguh-sungguh dan mengkhususkan waktu untuk menulis dengan harapan 3 hal : Pertama agar orang-orang mengambil manfaat, ilmu dan agama. Kedua tulisan saya merupakan rekaman pemikiran saya dan misi hidup saya serta yang Ketiga sebagai tabungan hari tua saya. Masyaa Allah ilmunya bermanfaat hingga sekarang.

Views All Time
Views All Time
242
Views Today
Views Today
1

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us