Guru PG/TK Islam Al Azhar Cairo Palembang Cipta Alat Permainan Edukatif

Oleh:

Dika Oktarina, S.Pd.

Guru PG-TK Islam Al Azhar Cairo Palembang selalu berinovasi menghasilkan alat pembelajaran yang  edukatif yang dilakukan dengan menyulap barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi menjadi sesuatu yang bermanfaat. Untuk membuat APE bisa memanfaatkan benda ataupun barang-barang bekas di lingkungan sekitar seperti kardus, botol, kaleng, kaset bekas menjadi alat pembelajaran yang menarik, unik serta menyenangkan bagi peserta didik.

Pada hakikatnya Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang bertujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh serta pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Anak usia dini memerlukan stimulasi dalam mengembangkan secara optimal oleh karena itu perlu adanya rangsangan dari luar yang dapat menarik minat anak untuk belajar salah satunya melalui permainan.

Dunia anak adalah dunia bermain, masa kanak-kanak identik dengan kebutuhan atau dorongan anak untuk  melakukan berbagai aktivitas dan bermain tanpa mengenal lelah yang dapat menyalurkan energi sekaligus belajar untuk meningkatkan fungsi-fungsi fisik maupun psikisnya.

Dalam melakukan aktivitas, tentunya anak membutuhkan berbagai alat permainan yang mengandung unsur atau nilai edukatif. Alat permainan yang bersifat mendidik di PAUD disebut juga dengan istilah Alat Permainan Edukatif (APE). Dengan Alat permainan akan membuat anak menjadi bertambah senang dan dapat bereksplorasi dengan pembelajaran sesuai tema.

Begitu juga yang dilakukan oleh para Guru PG-TK Islam Al Azhar Cairo Palembang untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan guru selalu berkreasi dan mencari berbagai alternatif permainan yang dapat digunakan sebagai media ataupun metode dalam meningkatkan seluruh aspek perkembangan anak dengan pembelajaran sesuai tema.

“Itulah yang membuat PG-TK kita berbeda dari yang lain. Guru yang terpilih adalah mereka yang mampu berinovasi. Pendekatan yang mencipta pengalaman menyenangkan.” ungkap Nova Yunita,S.Pd., Kepala Direktorat Dikdasmen Al-Azhar Cairo Palembang saat memantau pembelajaran.

Views All Time
Views All Time
99
Views Today
Views Today
1

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us