Serunya Belajar Sejarah Sambil Virtual Tour di Museum Nasional Jakarta

Oleh:

Rizki Hernanda, S.Pd.
Social Teacher SMP Islam Al~Azhar Cairo Palembang

“Masa pandemi bukanlah hambatan justeru menjadi tantangan untuk berinovasi dan beradaptasi dengan segala keterbatasan yang dihadapi pendidikan…”

Pandemi Covid-19 telah membawa dampak perubahan yang luar biasa bagi dunia pendidikan. Jika sebelum pandemi pembelajaran di sekolah sepenuhnya dilakukan tatap muka di kelas, namun kini anak-anak murid telah terbiasa dengan suasana pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh.

Bukan hanya itu, anak-anak murid juga memiliki keterbatasan waktu dan ruang untuk belajar karena masing-masing murid belajar dari rumah sehingga suasana belajar yang membosankan tentu akan rentan dirasakan anak dan diantara mereka sangat merindukan jalan-jalan ke luar kota.

Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang bisa menyesuaikan kebutuhan serta kondisi murid di masa pandemi khususnya pembelajaran jarak jauh yakni melalui virtual tour.

Beranjak dari segala keterbatasan pembelajaran di masa pandemi tersebut, maka SMP Islam Al~Azhar Cairo Palembang melakukan inovasi pembelajaran salah satunya melalui kegiatan Social Adventure.

Alhamdulillah kegiatan virtual tour ini telah dilaksanakan pada tanggal 22-23 Februari 2022 dengan baik dan lancar. Kegiatan ini bertema Finding a Hidden Gem in National Museum merupakan kegiatan pembelajaran sejarah yang diikuti oleh murid kelas 7 serta 8 yaitu berpetualang secara virtual tour menjelajahi Museum Nasional, Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran sejarah yang bermakna bagi murid, melatih daya kritis murid dan meningkatkan rasa nasionalisme, patriotisme serta kepedulian terhadap peninggalan bersejarah di Indonesia.

Museum Nasional dipilih menjadi destinasi tujuan virtual tour karena museum ini merupakan museum yang memiliki koleksi peninggalan sejarah terlengkap dari berbagai penjuru Nusantara dan juga museum terbesar di Asia Tenggara. Koleksi museum juga relevan dengan kebutuhan konten materi sejarah yang dipelajari murid kelas 7 dan 8.

Social Adventure berlangsung selama dua hari, di tanggal 22 Februari 2022 untuk kelas 7 dan di tanggal 23 Februari 2022 untuk kelas 8. Adapun rangkaian kegiatan antara lain pembukaan, doa, kata sambutan Kepala Sekolah, Social Adventure di Museum Nasional bersama tour guide yakni guru social grade 7 dan 8, tanya jawab, Quiz dan penutup.

Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan Social Adventure, ananda murid-murid kelas 7 dan 8 yang telah antusias, aktif serta semangat mengikuti rangkaian kegiatan Social Adventure, mama dan papa yang telah mendampingi ananda selama belajar dari rumah, yayasan, kepala sekolah serta segenap team panitia kegiatan yang luar biasa bekerjasama mewujudkan Social Adventure hingga terlaksana. Semoga masih akan ada kegiatan inovasi pembelajaran lainnya yang dapat menjawab segala tantangan di masa pandemi untuk pendidikan yang lebih baik.

Selengkapnya mengenai Social Adventure klik link berikut ini 

https://youtu.be/ry5gxmAz4go

Views All Time
Views All Time
1357
Views Today
Views Today
1

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us