SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang Raih Juara di Ajang KOMBANAS 2021

Setelah satu tahun beristirahat karena wabah covid-19, Konferensi Nasional MGMP Bahasa Arab (KOMBANAS) akhirnya kembali digelar. SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang berhasil mempertahankan posisi dan wakili Sumatera Selatan di ajang Nasional. 

Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) Tingkat Kota diselenggarakan pada hari Sabtu, 4 September 2021 secara Virtual. Syarifah Syekha Nufassirah meraih Juara I dan Fachira Gusny Rafeyfa meraih Juara II. Mereka akan lanjut  ke Tahap Kompetisi Tingkat Provinsi mewakili kota Palembang pada 18 September 2021 mendatang. 

Menelisik pengalaman dua tahun lalu, 3 murid SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang berhasil meraih medali Perunggu pada Lomba Olimpiade Nasional Bahasa Arab Pertama Tingkat SMP/MTS Negeri dan Swasta mewakili Provinsi Sumatera Selatan yang digelar di PPPPTK Bahasa Jakarta 10- 13 November 2019 pada acara Konferensi Nasional MGMP Bahasa Arab Se-Indonesia II.

“Tahun 2020 Olimpiade memang ditiadakan dikarenakan Wabah Covid 19. Namun untuk tahun ini walaupun Negara kita Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19 untuk menyiarkan eksistensi  Bahasa Arab di sekolah dan memacu semangat para  siswa belajar Bahasa Arab di masa Covid-19 maka Olimpiade Nasional Bahasa Arab pada Tahun ini  harus dilaksanakan,” ujar Ahmad Makki Hasan, M.Pd Ketua Umum MGMP Bahasa Arab Se-Indonesia.

Saat mengetahui kabar kemenangan ini, Kepala Direktorat Dikdasmen Al-Azhar Cairo Palembang, Nova Yunita, S.Pd., merasa optimis SMP Al-Azhar Cairo Palembang akan kembali berlaga di tingkat Nasional.

(Doc. 2019 lalu SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang Meraih Medali Perunggu)

“Kami ucapkan selamat kepada ananda Syekha dan Fachira atas prestasinya pada KOMBANAS Tingkat Kota tahun 2021. Alhamdulillah, meski di tengah pandemi Covid-19, mereka tetap semangat belajar dan mengukir  prestasi. Semoga mereka berhasil sampai tingkat Nasional mewakili Provinsi Sumatera Selatan,” tuturnya memberi semangat.

Meski dilakukan secara virtual namun Olimpiade berlangsung secara ketat. “KOMBANAS Tingkat Kota 2021 ini dilaksanakan secara virtual di sekolah masing-masing namun tetap menerapkan aturan yang ketat. Salah satunya ketika kompetisi berlangsung guru pendamping lomba menyiarkannya secara live streaming di YouTube dengan memperlihatkan posisi peserta 70% dari tubuhnya dan monitor laptop tampak 100%. Serta mengirimkan link live streaming YouTube tersebut kepada panitia KOMBANAS,” tegas Koordinator PABL SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang, Jefriyansah, S.Pd., seraya menjelaskan teknis lomba. “Hal itu dilakukan untuk validasi data bahwa KOMBANAS Tingkat Kota dilaksanakan secara jujur dan bertanggung jawab.” tambahnya menutup perbincangan. 

Saat dihubungi tim redaksi, Diah Sakinah, S.Pd.I., Kepala SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang yang terus mendampingi selama kegiatan turut memberi apresiasi kepada guru dan siswa yang telah mengharumkan nama sekolah. “Mudah-mudahan semangat berprestasi ini akan terus bertambah dan menular kepada yang lainnya. Jadilah anak yang cerdas, berprestasi, kebanggaan umat, sukses di dunia dan akhirat.”

 

Views All Time
Views All Time
99
Views Today
Views Today
1

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us