The Series of Memorable 7ourney

“Pada akhirnya, setiap perjumpaan yang di namai dengan perjalanan panjang, akan mencipta sebuah harapan di ujung perpisahan, yang menjadi kenangan, Nak… Hati hati di jalan”

Rabu, 1 Juni 2022
Adalah saksi, bahwa perjalanan tiga tahun ananda kelas9 sudah sampai di ujung gerbang. Senyuman mereka yang penuh kiasan seolah pertanda bahwa mereka siap untuk mengarungi kisah baru pada bab kehidupan lainnya. Mereka siap pula untuk melewati tantangan tantangan baru pada setiap perjalanan.

Nak, Kami; Para guru masih tidak menyangka bahwa waktu memang berjalan begitu cepat. Setelah acara pelepasan sekaligus perpisahan ini, bukan kisah SMA kalian yang kami bayangkan, namun malah memori kenangan tiga tahun kalian bersekolah disini yang malah jadi ingatan. Tiga tahun kalian sungguh di penuhi lika liku yang tiada tara. Tiga tahun yang seharusnya betul-betul penuh suka dan duka di setiap harinya di sekolah harus terpotong pandemi yang melanda. Terakhir kami lihat tingkah laku lugu kalian di kelas tujuh. Begitu antusiasnya, namun ternyata tahun tahun berikutnya harus kalian lalui dengan cerita perjalanan versi lainnya. Dua tahun kalian tak bertatap temu, dua tahun kalian harus menahan rindu, dan dua tahun pula para guru-guru harus ikhlas kehilangan kisah-kisah lucu dari kalian yang sungguh membuat hati kita menyatu.
Apa bisa di kata Nak, takdir memang Begitu. Akan sering dan mungkin selalu datang tidak seperti doa yang kita tuju dan tidak selalu sampai di tempat kita ingin berlabuh.

Tapi… ketika cobaan warga dunia; covid pandemic sudah sedikit mulai sedikit mereda dan begitu ajaibnya fast-forward kit bisa bertemu lagi di sekolah, walau tidak secara penuh dan menyeluruh. Ada yang masih jauh, ada yang belum mau, dan ada yang dihantui ragu. Kalian sudah berada di kelas 9 dan memang seyogyanya bisa jadi itulah detik detik kita berpisah. Namun guru-guru kalian sadar bahwa memang kalian salah satu angkatan yang begitu kuat dan memiliki makna dengan cara lainnya. Kalian hebat Nak. Kalian bisa menjalaninya dan menyelesaikan semua ujian; Ujian Sekolah dan Ujian Menuju Dewasa dengan sangat luar biasa. Mungkin banyak dari kalian yang merasa belajar dua tahun sebelumnya begitu hambar, tidak bermakna dan kurang membekas di rasa. Semua menjadi terlihat biasa-biasa saja.

Tapi Nak, satu hal yang harus kalian tau; Rasa sayang dan cinta tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Tidak akan hancur karena tidak bertemu dan tidak akan hilang jika doa masih menjadi penyatu. Begitulah oleh-oleh, bingkisan yang kami bawakan dari sekolah ini pada kalian. Sebungkus kasih sayang dan doa untuk kalian selamanya bahwa kalian tidak berbeda dan memang tidak ada pembeda antara ‘siswa lulusan online’ maupun dengan ‘siswa full sekolah’ seperti ananda semua.

Sekali lagi, hati-hati di jalan Nak. Perjalanan kalian masih panjang, dan tetaplah selalu menjadi seperti yang kami kenang.

Dari kami guru-guru SMP Islam Al Azhar Cairo Palembang untuk semua kelas 9 Lulusan 2021/2022.

Views All Time
Views All Time
295
Views Today
Views Today
1

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us