VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENARIK PADA MASA PANDEMI

Oleh:

Tiara Ramadhani, S.Pd.

Guru PG-TK Islam Al-Azhar Cairo Palembang

Beberapa waktu lalu beberapa negara menerapkan kebijakan lockdown dalam rangka memberantas penyebaran virus corona, begitupun dengan negara kita Indonesia. Segala bentuk aktivitas yeng dilakukan bersama atau sekelompok orang harus ditunda untuk sementara sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan, termasuk aktivitas belajar mengajar disekolah.

Inilah yang kemudian menjadi tantangan bagi seorang guru/ tenaga pendidik yang harus dihadapi pada masa pandemi ini, karena segala bentuk aktivitas belajar-mengajar dilakukan melalui online atau daring (dalam jaringan).

Terkhusus bagi guru TK, hal ini menjadi tantangan yang sangat besar, dimana pada anak-anak rentang usia 3-6 tahun merupakan masa tumbuh kembang motorik halus dan motorik kasarnya, masa dimana mereka belajar untuk bersosialisai, beadaptasi dan berinteraksi.

Setiap satuan pendidikan mempunyai cara tersendiri bagaimana dan sistem seperti apa yang harus diterapkan pada masa paandemi ini, agar pembelajaran bisa tersampaikan dengan baik kepada siswa walaupun hasilnya tidak akan sama dengan pembelajaran tatap muka. Begitipun dengan satuan pendidikan di level PG-TK.

Guru PG-TK juga dituntut untuk mendesign media pembelajaran yang kreatif, agar dapat menarik minat anak dalam belajar sehingga tercapainya pembelajaran yang optimal. Disini, semua guru PG-TK Islam Al-Azhar Cairo Palembang diwajibkan untuk meningkatkan kemampuan atau skill mereka di bidang IT dengan mempelajari beberapa aplikasi pembuatan video pembelajaran, agar pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik.

Alhamdulillah, selama pembelajaran daring (online) berlangsung kurang lebih hampir 2 tahun ini, dengan pemberian modul dan video pembelajaran yang menarik serta pertemuan online via zoom meeting setiap hari sabtu,  PG-TK Islam Al Azhar Cairo Palembang belum menemui kendala yang berarti. Tentu hasilnya memang tidak bisa disamakan dengan pembelajaran tatap muka.

Lebih satu bulan PG/TK telah melaksanakan PTMT namun video pembelajaran yang dicipta guru tidak akan pernah terhenti. Kita tidak lagi berharap  pandemi segera berlalu? Tapi kita terus mencari solusi untuk bisa menghadirkan pendidikan berkualitas meski di masa pandemi.

Views All Time
Views All Time
61
Views Today
Views Today
3

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us