Aktif dan Berkembang di Era Revolusi Industri 4.0

Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kurikulum, Senin – Selasa, (9-10/8/2021) yang dilaksanakan secara daring dan luring.
Kegiatan yang dihadiri oleh ratusan guru PG-TK, SD, dan SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang ini diawali dengan pemaparan materi mengenai pengembangan kurikulum oleh Prof. Dr. Abdullah Idi, M.Ed., Penulis buku Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik (9/8) yang berlangsung secara virtual dan dilanjutkan dengan workshop yang dihadiri oleh perwakilan setiap satuan pendidikan yang berjumlah kurang dari 25% jumlah guru Al-Azhar Cairo Palembang. “Memang sengaja tidak kita undang semua guru pada sesi kedua mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi sehingga tidak memungkinkan bila semua ikut serta. Kecuali pada sesi pertama yang berlangsung secara virtual, kita wajibkan semua guru ikut,” ujar Kepala Direktorat Dikdasmen Al-Azhar Cairo Indonesia, Nova Yunita Oesman. “kita utamakan guru Pendidikan Agama Islam, Alquran, dan Bahasa Arab serta para stakeholder setiap divisi yang menjadi delegasi,” tambahnya.
“Kurikulum sebagai jantung pendidikan harus selalu dikembangkan dan disesuaikan dengan perkembangan zaman. Era Revolusi Industri 4.0 menuntut setiap satuan pendidikan dan guru untuk lebih berinovasi dalam pendidikan dan pembelajaran agar dapat melahirkan generasi bangsa yang memiliki kreativitas, mampu berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik, serta memiliki kemampuan berpikir kritis (critical thinking ability). Melalui pengembangan kurikulum ini, kita berharap Al-Azhar Cairo Indonesia dapat terus melahirkan generasi bangsa yang mampu berkompetisi secara global” tegas Ujang Supriyadi, M.Pd., Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Direktorat Dikdasmen Al-Azhar Cairo Indonesia saat ditanya mengenai tujuan kegiatan Workshop Pengembangan Kurikulum.
Prof. Dr. Abdullah Idi, M.Ed. menyampaikan bahwa saat ini Core Kurikulum menjadi salah satu faktor dalam membangun kurikulum. Sedangkan hidden Kurikulum juga harus menjadi perhatian utama bagi pihak sekolah dalam mengembangkan kurikulum. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan tanya jawab aktif dari guru dan juga Prof Idi melalui kolom chat Zoom. Selain itu, Workshop ini juga membahas kerangka kurikulum yang akan diterapkan di SMA Islam Al-Azhar Cairo Palembang.

Views All Time
Views All Time
175
Views Today
Views Today
1

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us