Belajar Adab Sebelum Ilmu

Oleh Rezie Rizkya, S.S.

Bukanlah sebuah hal yang perlu diragukan lagi, Sekolah Islam Al Azhar Cairo Palembang semakin mengukuhkan diri sebagai sekolah islam bertaraf International yang unggul di semua bidang. Banyak sekali program-program unggulan yang menjadi ciri khas sekolah ini. Salah satunya adalah pembiasaan baik. Pembiasaan baik di Sekolah Islam Al Azhar Cairo Palembang dikuatkan dengan Akhlakul Karimah yang dicontohkan Rosulullah SAW dan pembiasaan baik yang diadopsi dari Negara Jepang dimana negara ini terkenal dengan kedisiplinan masyarakatnya. 

Pembiasaan baik ini diterapkan di seluruh satuan pendidikan Sekolah Islam Al Azhar Cairo Palembang, tak terkecuali PG-TK Islam Al Azhar Cairo. Selain Tahfidz, Bahasa Inggris dan program unggulan lainnya, PG-TK Islam Al Azhar Cairo Palembang sudah sangat  identik dengan program pembiasaan baik ini. Pembiasaan baik ini sudah menjadi semacam ciri khas yang melekat dan hal yang paling utama  sekali ditanamkan kepada peserta didik ketika mereka pertama kali bergabung di sekolah ini.

Berbicara tentang pembiasaan baik, tak akan lepas dari yang namanya adab. Seperti yang para Ulama katakan, “Dahulukan adab, baru setelah itu ilmu agar kita mulia dalam penilaian Allah”.  Dalam pembiasaan baik, semua hal yang akan dilakukan akan selalu adab yang didahulukan termasuk hal-hal kecil. Adab dan pembiasaan baik ini sudah seharusnya ditanamkan sedari dini karena adab lebih butuh waktu lama untuk mempelajarinya dibandingkan ilmu. Hal ini jugalah yang menjadi landasan para guru dalam mendidik para calon pemimpin umat yang diamanahkan di sekolah yang sering disebut rainbow school ini.

Ada banyak sekali pembiasaan baik yang sudah diterapkan di PG-TK Islam Al Azhar Cairo Palembang. Semua kegiatan yang dilakukan anak-anak selalu ada adabnya. Pertama, kata-kata “maaf, tolong, terima kasih”. Tiga kata ajaib ini akan selalu terdengar silih berganti dari mulut anak-anak yang bersekolah di sini. Maaf, akan diucapkan ketika mereka melakukan kesalahan atau bersikap kurang baik. Ketika membutuhkan pertolongan, anak-anak takkan pernah lupa meyisisipkan kata tolong kepada siapun mereka meminta tak terkecuali kepada para helper, dan tentu saja ucapan terimakasih diucapkan ketika sudah menerima kebaikan dan pertolongan.

Kedua, selalu mengucap salam ketika akan masuk ruangan. Ketika baru tiba di sekolah dan bertemu guru-guru dan juga para staff termasuk security dan helper begitu juga ketika akan berpamitan pulang. Anak-anak PG-TK Al Azhar Cairo Palembang memang sudah dibiasakan untuk selalu mengucapkan salam, termasuk ketika ada tamu yang berkunjung ke sekolah. Selain mengucap salam, mereka juga sudah terbisa untuk bersalaman tanpa perlu lagi dikomando. 

Selanjutnya, saat berkunjung ke sekolah ini ketika jam makan, tidak akan ditemukan satu anakpun yang makan atau minum sambil berdiri. Mereka paham betul makna dari hadist Rosulullah SAW tentang larangan makan dan minum sambil berdiri yang sudah mereka hafalkan, “La yas robanna ahadukum qoiman” yang artinya janganlah kalian makan dan minum sambil berdiri. Pada akhirnya menjadi pembiasaan baik pada diri mereka sendiri . Tak hanya di sekolah, pembiasaan baik ini Insyaa Allah terbawa hingga mereka kembali ke rumah atau berada di tempat umum.

Kemudian, adab berjalan di depan orang. Hal ini bisa dibilang pembiasaan baik yang sudah melekat pada diri anak-anak didik. Anak-anak PG-TK ataupun yang sudah menjadi alumni pasti akan selalu membungkukkan badan mereka ketika berjalan atau melewati orang lain sembari mengucap “pemisi”, dan Insyaa Allah hali ini akan terbawa kelak hingga mereka dewasa.

Pembiasaan baik yang juga tak kalah penting ditanamkan adalah pembiasaan anak-anak berbaris dan mengantri. Adalah hal yang biasa ketika ada sekelompok anak TK A berbaris mengantri di depan meja guru hanya untuk mengambil kertas lembar kerja  atau ketika tempat cuci tangan terisi penuh, akan ada beberapa anak yang dengan sabar mengantri hingga tiba giliran mereka. 

Ada banyak lagi pembiasaan-pembiasaan baik yang dikenalkan dan diajarkan kepada anak-anak PG-TK Islam Al Azhar Cairo Palembang dan secara keseluruhan Alhamdulillah mereka amalkan dan terapkan  bahkan sampai mereka beranjak dewasa. Hal ini diketahui dari pesan dan kesan para orangtua murid yang bangga akan pengembangan anak-anak mereka. 

Memang di awal pembiasaan baik ini akan sedikit sulit karna barangkali dalam penerapaannya banyak terdapat adab dan tata cara, apalagi untuk anak anak yang masih dikategorikan balita. Namun, sesuai dengan namanya “pembiasaan baik”, pembiasaan itu akan menjadi mudah apabila dibiasakan apalagi sedari dini. Dengan menerapkan pembiasaan baik, anak-anak akan mengenal adab, dengan adab akan mudah memahami ilmu.

Views All Time
Views All Time
82
Views Today
Views Today
1

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us