Keberhasilan Atlet Sepatu Roda Cilik Raih Dua Gold Medal sekaligus

Oleh:

Jefriyansah, S.Pd.I. (Uje)

Guru Bahasa Arab SMP Islam Al Azhar Cairo Palembang

Perkembangan sepatu roda masuk ke Indonesia sekitar tahun 1960-an. Pada saat itu, anak muda di Jakarta, Bandung, dan Surabaya mulai menggemari sepatu roda dan menjadi lifestyle hingga saat ini. Pada tahun 1979 dibentuklah Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PERSOSI). Setelah terbentuknya PERSOSI, perkembangan sepatu roda di Indonesia sangat pesat dan menyeluruh di setiap kota-kota besar Indonesia.

Di Era pandemi saat ini, tentunya banyak sekali kegiatan-kegiatan lomba ditiadakan terutama dalam bidang olahraga, akan tetapi hal tersebut tidak menjadikan sekolah Islam Al Azhar Cairo Palembang  menjadi vakum dalam mengikuti kegiatan perlombaan, pada tanggal 22 Agustus 2021, Persatuan Olahraga Sepatu Roda di Sumatera Selatan mengadakan acara pertandingan sepatu roda tingkat Provinsi di Jakabaring Sport Center, yang diikuti dari berbagai kabupaten/kota se-Sumatera Selatan.

Adapun perwakilan dari kota Palembang salah satu pesertanya berasal dari siswa SMP Islam Al Azhar Cairo yang terletak di Jalan Jendral Sudirman KM. 3.5 disamping RSMH Palembang. Tak disangka, di tengah keterbatasan latihan karena masih dalam pandemi Covid-19, siswa SMP Al-Azhar Cairo yang bernama DICKY DEVERA KENCANA 9 Musthafa Al Maraghi berhasil membawa 3 medali sekaligus dalam ajang sepatu roda tingkat kab/Kota se-Sumatera Selatan. Adapun diantaranya adalah 2 medali emas (Gold Medal) dan satu medali perak (Silver Medal) dalam kategori speed 200 M dan 3000 M mendapatkan Gold Medal dan adapun speed 1000 M mendapatkan Silver Medal.

Kecil-kecil cabai rawit, begitulah gambaran yang tepat untuk siswa kami yang bernama DICKY DEVERA KENCANA (Oci) panggilannya dikelas. Meskipun usianya masih bocah, semangatnya tak kalah dengan atlet dewasa. Karena Dicky memiliki motivasi dan semangat yang kuat serta kerja keras yang sungguh-sungguh dalam mendalami olahraga sepatu roda tersebut.

Kemudian, Ananda Oci sebagai pemenang dalam ajang lomba tersebut mengatakan bahwa untuk meraih hasil prestasi yang begitu memuaskan tentunya harus dengan latihan yang ekstra, ananda sering latihan di Jakabaring Sport Center selama 4 kali dalam sepekan, yaitu hari Selasa, Kamis, Sabtu pada pukul 15.00 sampai dengan 18.00 Wib dan hari Minggu pada pukul 07.00 sampai dengan 11.00 Wib dengan rutin selama 3 jam setiap kali latihan.

“Menurut DICKY DEVERA KENCANA (Oci) saya memiliki motivasi yang kuat dalam olahraga sepatu roda ini. Selain sepatu roda merupakan olahraga bergensi yang digemari setiap kalangan mulai dari anak-anak sampai dewasa olahraga ini juga bisa melatih keseimbangan tubuh. Oleh karena itu, saya rajin dan semangat dalam berlatih. Karena saya ingin mengikuti ajang yang lebih tinggi lagi yaitu  ajang tingkat Nasional pada Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 2024 mewakili provinsi Sumatera Selatan sampai ke ajang tingkat international,” Jelasnya.

SMP Islam Al Azhar Cairo Palembang selalu mendukung siswa-siswi nya dalam menekuni minat dan bakat baik dalam bidang akademik maupun non akademik. SMP Islam Al Azhar Cairo Palembang juga memfasilitasi dan memberikan dukungan baik berupa dana pembinaan untuk latihan tambahan.  Oleh karena itu, Tidak ada kata terlambat untuk anak-anak maupun remaja yang ingin berprestasi dalam olahraga ini. Sebab, olahraga yang telah diperlombakan dalam Porprov, PON, hingga Asian Games ini meliputi kelompok umur A ( di bawah 8 tahun) sampai kelompok umur junior (15-18 tahun). Terpenting dapat menampakkan development through pada anak. Yakni olahraga bukan sekedar menang atau kalah, melainkan juga menanamkan nilai sportivitas, semangat pantang menyerah, serta menghargai kawan dan lawan.

Bravo Olahraga Jaya selalu!

Views All Time
Views All Time
65
Views Today
Views Today
1

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us