Melatih Mental Anak

Oleh:

Ahmadi, S.Pd.I

Guru Tahfizh SD Islam Al-Azhar Cairo Palembang

Seiring waktu dan perkembangan zaman serta ditambah dengan adanya banyak kemudharatan (Kejahatan) yang diperoleh anak semenjak usia dini, berakibat anak menjadi rusak secara akal dan mental. Sebagai contoh kemudharatan karena perkembangan zaman seperti kecanduan Game Online yang akan berakibat anak ketergantungan pada game. Hal ini pastinya dapat merusak kejiwaan anak baik secara akal maupun mental.

Dasar-dasar mental yang kuat pada seorang anak haruslah dibentuk sejak usia dini. Sifat – sifat seperti mandiri, berani, dan bertanggung jawab lahir dari kondisi mental yang mantap, berkat pembentukan serta didikan orang tua sejak usia dini. Mental yang kuat berasal dari karakter yang kuat pula sebagai hasil dari didikan orang tua sejak kecil. Untuk mewujudkan terbentuknya karakter dan mental anak yang kuat, sangat penting adanya pendampingan penuh dari orang tua.

Muhammad Hafizh Rahmatullah (siswa grade 5) adalah salah satu dari sekian banyak murid SD di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang yang sudah hafal 5 juz. Ia berani tampil dan dapat memberikan manfaat untuk dirinya dan orang lain. Sebagai contoh membaca Al-Qur’an di acara pernikahan guru, acara puncak tema yanh sekolah gelar, atau acara lainnya.

Beberapa hal yang penting agar anak secara mental tampil berani di depan publik yaitu dengan menanamkan dan membangun keyakinan di dalam diri anak bahwa saya bisa dan berani untuk tampil serta memberikan pujian kepada anak atas apa yang sudah berhasil ia lakukan.

Hal inilah dapat menjadikan mental anak yang tangguh dan berani serta mandiri sehingga dapat menjadi harapan bagi kedua orang tua menuju masa depan anak yang lebih baik.

Views All Time
Views All Time
62
Views Today
Views Today
1

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us