Menarik Perhatian Anak dalam Proses Pembelajaran melalui Media Bonaka Tangan

  1. Oleh:

Delima S Harahap, S.Pd.

Guru PG TK Islam Al Azhar Cairo Palembang

Pendidikan merupakan hal penting untuk diperhatikan. Pendidikan akan membuat wawasan pengetahuan menjadi terbuka dan bertambah sehingga tercipta sumber daya manusia yang berkualitas. Tahap awal yang paling baik adalah dengan menanamkan pendidikan sejak anak usia dini. Anak usia dini merupakan anak yang berada dimasa emas dimana perkembangan fisik motorik, kognitif, sosial emosional dan bahasa berlangsung dengan cepat.

Guru adalah orang yang terdekat dengan anak di sekolah. Pada saat menciptakan pembelajaran untuk menstimulus perkembangan anak yang optimal guru lebih memahami karakteristik dan kebutuhan anak usia dini. Salah satu karakteristik anak usia dini adalah memiliki daya konsentrasi yang pendek, oleh karena itu pembelajaran yang diciptakan oleh guru harus menarik perhatian anak.

Suatu objek haruslah menarik agar dapat menarik perhatian minat anak dalam belajar, perhatian anak dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran yang menarik, salah satu strategi yang biasa digunakan oleh guru PG TK Islam Al Azhar Cairo Palembang yaitu dengan metode pembelajaran bercerita dengan menggunakan media boneka tangan.

Boneka tangan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik bagi anak dan juga dapat melatih mengembangkan kemampuan kerja otak dan mengasah daya imajinasi anak serta sangat efektif untuk membantu anak belajar berbahasa

Menyampaikan pembelajaran dengan metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan disampaikan kepada anak-anak melalui suara dan mimik wajah yang unik. Manfaat yang dapat dirasakan melalui penggunaan boneka tangan ini adalah dapat melatih konsentrasi dan daya tangkap serta membantu imajinasi anak.

Terlihat jelas walaupun pembelajaran online anak-anak memperhatikan gurunya tanpa bosan dalam menyampaikan materi pembelajaran melalui boneka tangan, dan anak juga bersemangat dalam mengerjakan kegiatannya. Guru-guru PG-TK Islam Al Azhar Cairo Palembang selalu semangat dalam menciptakan berbagai strategi yang menarik agar dapat menarik minat anak dalam belajar sehingga pembelajaran dapat tersampaikan secara optimal.

Views All Time
Views All Time
55
Views Today
Views Today
1

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us