Terapkan Prokes yang Ketat: SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang gelar PTMT

Oleh:

Dessy Marisca, S.Pd.

Guru Bahasa Indonesia SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang
Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) pada hari pertama di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al Azhar Cairo Palembang menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.
“Alhamdulillah, kita bersyukur hari ini pembelajaran tatap muka terbatas di SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang berjalan lancar, tertib, dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat” ujar Ujang Supriyadi, M.Pd, Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Direktorat Dikdasmen Al-Azhar Cairo Palembang, Senin (6/9).
Setiap siswa/i yang mengikuti PTMT tersebut, sebelum masuk ruangan kelas untuk belajar, mereka diwajibkan untuk mencuci tangan pakai sabun terlebih dahulu kemudian dicek suhu tubuhnya. Selanjutnya siswa/i diwajibkan memakai masker selama berada di lingkungan sekolah, menjaga jarak, membawa sendiri handsanitizer, alat tulis/ipad, bekal dan botol minum dari rumah, beserta Mushaf Al Quran.
Penyelenggaraan PTMT dilakukan setelah SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang dinyatakan memenuhi syarat untuk menerapkan PTMT di sekolah dan berdasarkan Surat Edaran dari Dinas Pendidikan Kota Palembang nomor 420/2727/DISDIK/2021 tertanggal 3 September 2021.
Siswa/i yang ikut dalam PTMT ini sudah mendapatkan persetujuan dari orang tua/wali siswa. Pada pelaksanaan PTMT, para siswa/i dibagi per-dua shift, dan dalam satu rombongan belajar lebih dari 12 siswa. Shift pertama dimulai pukul 07.00 WiB sampai dengan 09.00 WIB, shift kedua 08.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB.
Pembagian jadwal PTMT dibedakan per tingkatan kelas, yaitu untuk kelas VII PTMT dilaksanakan pada hari Senin dan Rabu, kelas VIII pada hari Selasa dan Kamis, serta kelas IX  pada hari Kamis dan Jumat. Sedangkan untuk siswa/i yang belum dapatkan izin orang tua/wali, tetap akan melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui berbagai platform virtual yang meeting dan website sekolah.
SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang sebagai sekolah yang berbasis teknologi telah mengembangkan pembelajaran berbasis ICT sejak tahun 2016, sehingga sekolah sangat siap dan tidak mengalami kendala dalam pelaksanaan PJJ.
“Penerapan protokol kesehatan yang ketat ini dilakukan untuk memastikan dan menjaga kesehatan serta keselamatan anak-anak didik kita, orang tua/wali siswa, guru-guru dan seluruh warga sekolah. Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang akan terus dipantau dan dievaluasi, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap indikator dari standar operasional yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dapat terus dijalankan dan kualitas pembelajaran dapat terus ditingkatkan,” ujar Diah Sakinah, S.Pd.I., selaku Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al-Azhar Cairo Palembang.
“Pelaksanaan PTMT hari ini telah berjalan dengan baik dan tertib, semua stakeholder, guru, siswa, sekuriti, bahkan OB dan OG telah ikut menyukseskan pelaksaan PTMT ini. Untuk siswa yg belum dapat mengikuti PTMT tahap 1 segera akan didata dan diikutkan di PTMT tahap 2 tentunya dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan pihak sekolah,” tambahnya.
Views All Time
Views All Time
93
Views Today
Views Today
1

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us