Merdeka Berkreativitas Tanpa Kertas!

Oleh

Hilda Oktarina, S.Pd.

 Guru PPKn SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang

Era digital merupakan tantangan yang harus diterima oleh generasi muda masa kini. Dimana kesempatan berkreativitas terbuka luas dalam berbagai bidang kehidupan. Kreativitas merupakan kemampuan mental seseorang untuk mengembangkan diri dan menciptakan sebuah terobosan baru dalam melihat peluang ataupun masalah yang sedang dihadapi. Kreativitas seseorang dapat dipupuk dan dikenali dengan tepat mengingat kreativitas merupakan bakat yang dimiliki oleh setiap manusia. Oleh karena itu, mengasah kemampuan diri sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas diri setiap individu agar mampu bersaing dengan perkembangan zaman.

Salah satu bentuk cara mengasah kreativitas yang digandrungi oleh generasi muda yaitu  memanfaatkan kecanggihan teknologi yang menawarkan banyak fitur aplikasi melalui gadget mereka. Terutama selama masa pademi semua interaksi kegiatan sehari-hari berbasis pada keramahan teknologi, tidak heran jika dalam hal mengembangkan potensi diri pun bisa dilakukan dengan mudah.

Pendidikan berbasis teknologi sangat berperan penting bagi peserta didik dalam mengembangkan potensi diri. Hal ini bisa dilihat dari hasil karya yang dibuat oleh seorang peserta didik yang bernama Aurora Madine Dermawan Putri, siswa 9 Musthafa Al-Maraghi di SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang. Salah satu siswa yang menghasilkan karya poster terbaik pada lomba Desain Poster dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 di sekolah dengan memanfaatkan aplikasi Canva yang terinstal pada iPad.

Oleh karena itu, perlu kita apresiasi untuk memotivasi siswa yang lain agar dapat mengembangkan diri mereka melalui aplikasi yang sudah tersedia pada iPad yang mereka miliki. Hal ini dapat menambah nilai guna iPad sehingga tidak hanya digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran saja. Mengingat banyak sekali aplikasi saat ini yang tersedia dan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menghasilkan suatu karya yang bermafaat bagi orang lain.

Selanjutnya, seperti yang kita ketahui karya poster yang dihasilkan oleh Madine terlihat unik dan berbeda dari yang lain. Karena, selain tersurat pesan yang disampaikan melalui bentuk tulisan juga tersirat pesan dari gambar yang ditampilkan sehingga pembaca mudah memahaminya. Adapun tulisannya berisikan pesan dimana warga negara Indonesia dengan berbagai latar belakang kebudayaan, daerah, jenis kelamin dan usia turut serta dalam merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang bisa kita lihat dari animasi gambar yang ditampilkan pada poster didukung dengan ukiran gambar yang diberi warna dan diposisikan dengan tepat dan sesuai pada tempatnya.

Tentunya sebagai smart citizen kita harus menyambut baik dengan penuh semangat kemerdekaan, salah satunya dengan menunjukkan sikap partisipasi kita dalam menghasilkan suatu karya sebagai wujud merdeka dalam berkreativitas sesuai dengan bidang passion kita masing-masing baik di lingkungan sekolah, masyarakat, maupun berbangsa dan negara. Apalagi saat ini didukung oleh tersedianya smart phone-smarth gadget yang menjadikan dunia dalam genggaman kita.

Sepatutnya generasi muda saat ini unjuk kreativitas dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari dengan semangat muda dan tekad yang kuat untuk produktif menghasilkan karya terbaik. Mengingat usia muda harus diisi dengan hal-hal yang bermanfaat salah satunya mengembangkan bakat dan kreativitas yang tinggi melalui teknologi.

Kemajuan teknologi saat ini harus juga diimbangi dengan perkembangan aspirasi generasi muda yang  cakap dalam berteknologi, karena pada era industri 4.0 ini selain dituntut bisa mengikuti perkembangan teknologi dengan baik kita juga diharapkan mampu mengendalikan lajunya kecanggihan dari teknologi tersebut. Jangan sampai kita terbawa arus dampak negatif dari kemajuan teknologi tanpa bisa mengendalikan diri kita, misalnya kecanduan bermain game yang bisa kita akses secara bebas melalui online maupun offline. Hal ini dapat merugikan kita sebagai generasi muda, yang seharusnya kita menikmati dampak positif dari hadirnya teknologi sebagai akses kemudahan hidup di masa sekarang.

Maka dari itu sebagai pelajar Indonesia yang bijak dalam menggunakan teknologi kita harus mampu memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin dan meminimalisir pengaruh negatifnya. Adapun contoh kecil dari penggunaan teknologi yaitu seperti menggunakan media sosial dengan baik sebagai sarana berkomunikasi ataupun sebagai wadah dalam mempublikasikan hasil karya yang kita buat agar bisa dilihat bahkan diharapkan bias member inspirasi bagi orang lain untuk turut berkarya.

Sehingga dengan adanya teknologi ini dapat menciptakan generasi muda yang terampil, kreatif dan berwawasan tinggi yang dapat menghasilkan konten-konten bermutu di media sosial yang bisa dinikmati sebagai tontonan dan tuntunan yang baik serta dapat membangun citra generasi muda Indonesia yang kreatif khususnya di kalangan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kuy, unjuk kreativitasmu tanpa malas!

Views All Time
Views All Time
206
Views Today
Views Today
3

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us