Dakwah dan Kreativitas SD Islam Al-Azhar Cairo Palembang di Masa Pandemi

Kiagus Chaidir, S.S, M.Hum

Guru Bahasa Arab SD Islam Al-Azhar Cairo Palembang

Hal yang sangat membanggakan beberapa waktu lalu, SD Islam Al-Azhar Cairo Palembang perdana mengikuti Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) Tingkat Kota diselenggarakan pada hari Sabtu, 4 September 2021 secara Virtual dan menjadi juara. Nasywaa Hashifah meraih juara 1 dan M. Aditya Pratama meraih juara 2. Mereka akan melanjutkan Kompetisi Tingkat Provinsi mewakili kota Palembang pada 18 September 2021 mendatang. Semoga mereka dapat memenangkan kompetisi ini dan mewakili provinsi Sumatera Selatan di tingkat Nasional.

Tentu fakta yang dapat kita garis bawahi di masa pandemi tidak menyurutkan murid untuk terus beraktivitas. Begitupun juga guru.

Dunia pendidikan mengalami perubahan yang sangat besar semenjak tahun 2019 disebabkan oleh wabah covid-19. Biasanya pembelajaran dilakukan dengan tatap muka, namun semenjak corona virus melanda, pembelajaran pun berubah menjadi daring. Alhamdulillah, kini diberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas bagi murid dengan seizin orangtua dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Hal ini membuat para pendidik berpikir keras bagaimana caranya pembelajaran tetap efisien dengan keterbatasan yang ada, karena sedikit banyaknya situasi ini mempengaruhi perkembangan murid di sekolah.

Murid yang terbiasa bercengkrama, bertemu dengan guru yang mengajar dihadapkan dengan situasi yang berbeda yang mengharuskan mereka belajar dengan mandiri atau lewat aplikasi online lainnya.

Sekolah Islam Al-Azhar Cairo yang memiliki banyak kegiatan, pada awalnya sedikit terhambat karena pandemi, namun hal ini tidak menyurutkan para guru dalam mengatasi masalah ini, salah satunya melalui media social.

Program-program keagamaan yang biasanya diadakan di sekolah dengan mengumpulkan banyak murid tidak dapat dilakukan lagi karena pandemi, diubah dengan menyaksikan channel YouTube Guru Berdakwah Official. Semua program sekolah yang bersifat syiar keagamaan dimasukkan dalam laman itu. Alhamdulillah, program ini sudah berjalan dua tahun dan mendapatkan respon positif dari murid dan orang tua murid.

Salah satunya adalah respon dari akun Ros Oma, “Ghaisan hadir, Pak. Ceramahnya bagus semua. TOP,” kutip penulis di salah satu kiriman YouTube. Program Syiar Dakwah yang terdapat pada channel YouTube tersebut antara lain Tausiyah Ramadhan, kegiatan Isra’ Mi’raj, semarak Muharram 1443 H dan kegiatan Keagamaan lainnya.

“Semoga guru-guru semakin giat berdakwah ‘Tawasih bil Haq’ dengan menyesuaikan kondisi dengan memanfaatkan teknologi yang semakin pesat perkembangannya.” ungkap Jaka Perkasa, Lc., M.Ag., Kepala Divisi Keagamaan, Sosial, dan Kemasyarakatan menanggapi channel YouTube Guru Berdakwah Official yang merupakan kreativitas guru SD Islam Al-Azhar Cairo Palembang di masa pandemi.

 

Views All Time
Views All Time
99
Views Today
Views Today
2

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us