Pandemic Does Not Imprison Us

Pandemic Covid-19 hampir dua tahun berlalu, namun tak menghalangi kami pelajar Indonesia dan Malaysia untuk tetap berkolaborasi satu sama lain mengenai pembelajaran berbasis iPad.

A Collaborative Session Distinguished School Maktab Rendah Sains MARA (MRSM) Taiping Malaysia  dan SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang dengan tema “Thermal Equilibrium” diselenggarakan pada hari Jum’at, 17 September 2021 pada pukul 09.00 waktu Malaysia atau 08.00 waktu Indonesia melalui Cisco Webex Virtual Metting.

Kegiatan diikuti oleh Bimo Andrianto Montoya, M. Naufal Razzansyah, Yudhistira Arya Wiratama, Aurora Madine Dermawan, Jemima Hanna Maira, Calya putri ramadhani, Nafissatun Nabilah, dan Farah Nadiya Ariadewi. Para siswa yang telah terpilih  menjadi perwakilan sekolah dalam kegiatan Collaborative Session ini telah melakukan persiapan selama satu minggu. Mereka semua didampingi oleh sir aidil, miss marina dan miss jiya.

Kegiatan dibuka dengan video perkenalan oleh Maktab Rendah Sains MARA Taiping Malaysia lalu dilanjutkan dengan Ice Breaking yang mengajak semua peserta untuk senam ceria bersama. Pada sesi selanjutnya, siswa dan guru antar dua sekolah tersebut dibagi menjadi 4 breakout rooms yang berbeda,  1 room terdiri dari dua siswa dari MRSM dan 2 siswa dari Al-Azhar Cairo. “it’s very interesting, seru! Kami saling menyapa dan saling memperkenalkan diri mengenai situasi sekolah di Malaysia dan Indonesia di Era Pandemi ini miss” jelas hanna saat ditanya mengenai hasil break room mereka.

How you drink hot coffe?” salah satu pertanyaan yang keluar pada sesi Peer Teaching. “put the coffe into refrigerator” ujar farah. “yeah, pour ice cubes ” ujar madine.  Pertanyaan ini mengarahkan siswa untuk berfikir kritis dalam memecahkan masalah mengenai materi Thermal Equilibrium atau Kesetimbangan Termal di kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa juga diajak mengexplore whiteboard.fi untuk menghitung hasil yang terbaca di thermometer tanpa skala serta menggambar thermometer itu sendiri.  Tibalah sesi bagi SMP Al-Azhar Cairo Palembang untuk memaparkan Thermal Equilibrium in daily live.”Why ice cream is fast melting outside of refrigerator?” tanya Naufal. Kemudian, Bimo menjelasakan proses pencairan tersebut dengan memanfaatkan aplikasi Reality Composer yang ada di iPad.  Meski dilakukan secara virtual, semua peserta tetap bersemangat dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang ada.

Search 8 Keywords about thermal equilibrium in wordsearch application!” perintah yang harus diselesaikan oleh semua peserta sebagai bagian dari post test. “alhamdulillah, I just got seven keywords, just one more” pungkas bella, “oh no, I run out of lives” ujar yudis sambil tertawa. Kegiatan ini ditutup dengan kesan dan pesan yang disampaikan oleh semua peserta yang hadir dalam kegiatan. “thankyou for the opportunity, this event make me like physics more” ujar farah

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sangat menarik minat siswa. Semoga berkah dari kegiatan ini juga mampu memberikan pengalaman dalam public speaking siswa saat berjumpa dengan warga luar indonesia.

Ditulis Oleh:

Syarifah Najiya, S.Pd

(Guru Fisika SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang)

Views All Time
Views All Time
94
Views Today
Views Today
1

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang

WhatsApp WhatsApp us